• Status Order
  • Tlp: 08111130243
  • SMS/WA: 08111130243
  • info@superproduk.com
Terpopuler:

Tujuan Pruning Sulur Melon

14 August 2021 - Kategori Blog

Pemangkasan atau Pruning adalah proses pembuangan bagian Sulur atau tunas air pada tanaman berbentuk batang dan daun kecil yang dipotong untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan terlihat rapi. Jika bicara tentang Melon, tentu saja tanaman melon ini memiliki banyak sulur disetiap ketiak daun.
Sulur ini berfungsi untuk menumbuhkan Bunga Jantan dan Betina, yang pada saatnya tiba akan diPolinasikan.

Alasan kenapa Sulur harus di Pruning, Karena untuk mengurangi kelembaban pada media dan memutus perkembangan sulur yang tidak diperlukam. Contoh Sulur dari Ruas 1 sampai 5, biasanya di potong karena untuk di menyetabilkan kelembaban di Media ( Jika menggunakan Polibag dan Cocopeat ). Bukan berarti juga ketika menggunakan Media tanam yang lain Sulur dari ruas 1 sampai 5 tidak dipotong, maupun itu Media Hidroton ataupun tanah sekalipun kegiatan Pruning. Selain Sulur-sulur yang di Pruning, Daun yang sudah tua harus dipangkas agar dapat membentuk daun-daun baru disetiap ruas yang baru. Hal ini dilakukan tujuan selain menyetabilkan kelembaban, Cahaya, sampai ke Suhu yang baik, ini berguna untuk mengoptimalkan pertumbuhan Daun, Batang, dan Sulur yang akan digunakan pada nantinya.

Ketika Pruning dilakukan, maka proses fotosintesis tanaman akan berjalan dengan baik dan normal. Aturan untuk Pruning di tanaman melon tidak harus semua di pangkas/pruning tapi cukup dari ruas 1 sampai 5 dari Sulur-sulur muda yang tidak diperlukan dan Daun yang sudah tua pada umur sudah seleksi buah/pematangan ( kondisi tanaman).

Setelah di kira pada umuran pembentukan buah dan pematangan buah, lakukan langkah pemotongan Daun pucuk atau Toping di ruas 25-30 ( Helai Daun ).
Jika semua proses dilakukan maka, pantau kembali pertumbuhan tanaman melon sampai ke Panen.

 

 
Chat via Whatsapp

 
Chat via Whatsapp