• Status Order
  • Tlp: 08111130243
  • SMS/WA: 08111130243
  • info@superproduk.com
Terpopuler:

Menggunakan pH Down dan pH Up

29 June 2021 - Kategori Blog

Larutan nutrisi adalah faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman hidroponik. Larutan nutrisi hidroponik ini menjadi kunci keberhasilan menanam tanaman hidroponik. Baik itu skala rumahan, ataupun Industri. karena sangat penting mendapatkan air yang berkualitas untuk dicampurkan dengan larutan nutrisi yang digunakan untuk mendapat pH air.
Namun, mendapatkan ph yang sesuai sangat sulit dilakukan. Oleh karena itu, dibutuhkan cara yang tepat untuk menaikkan atau menurunkan pH air dalam larutan nutrisi hidroponik.

Menyiapkan larutan nutrisi merupakan hal mudah untuk dilakukan oleh seseorang terutama pemula Hidroponik. Kebanyakan orang mengeluhkan sulitnya melarutkan atau menyiapkan Nutrisi Hidroponik. Padahal kalau dicoba, Prakteknya akan terasa mudah. Nah, jika anda ingin melarutkan nutrisi hidroponik, maka satu hal yang harus diperhatikan adalah kualitas air yang akan digunakan. Sebagai sumber air yang bisa digunakan untuk melarutkan nutrisi. Anda bisa menggunakan air pam maupun air sumur dengan catatan kualitas tidak terkontaminasi jamur ataupun air keruh.

Setelah berhasil melarutkan nutrisi hidroponik, selanjutnya adalah mengukur kadar pH larutan apakah sesuai dengan standar ideal pH kisaran 5,5 – 6,5 atau mendekati 6 seperti 5,8 sampai 6,2 yang telah ditentukan atau masih belum sesuai. Jadi, harus dilakukan pengecekan larutan agar pengukuran lebih aman maka dengan menggunakan alat ukur larutan seperti pH meter. Dengan menggunakan alat bantu mengukur kadar ph bisa mempermudah mengetahui konsentrasi pH dalam larutan lebih mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun.

Setelah kelihatan berapa kadar ukuran ph dalam larutan nutrisi, maka selanjutnya menyesuaikan kadar ph larutan tersebut. Jika larutan melebihi atau kurang dari pH ideal maka harus dinaikkan atau menurunkan ph larutan hidroponik sesuai hasil yang ditunjukan pada pH meter yang digunakan dengan menambahkan Phosporic acid/pH Down atau untuk kenaikan pH Up. Pertama, jika larutan alat ukur ph meter menunjukan pH yang terlalu tinggi seperti kadar pH 7, 8, bahkan 9 maka harus diturunkan dengan menggunakan Phosporic Acid/pH Down minimal 100ml (yang sudah dilarutkan) sesuai kebutuhan dan ukuran Tandon atau dengan menambahkan air baku saja dan jika terlalu rendah larutan seperti 3,4, bahkan 5 harus dinaikan juga klo sebelumnya harus diturunkan maka ini harus dinaikan dengan menggunakan pH Up atau menambahkan Larutan pekatan Nutrisi.
Dengan menjaga pH ideal secara teratur maka perkembangan tanaman akan lebih baik karena dengan pH yang ideal membantu akar tanaman lebih mudah menyerap nutrisi secara optimal.

 
Chat via Whatsapp

 
Chat via Whatsapp