• Status Order
  • Tlp: 08111130243
  • SMS/WA: 08111130243
  • info@superproduk.com
Terpopuler:

Cara Mengatasi Hama Ulat

29 June 2021 - Kategori Blog

Berkebun secara hidroponik memang menjadi minat kebanyak masyarakat karena mudahnya menanam menggunakan sistem Hidroponik ini. Selain untuk menghibur diri dan memanjakan mata, bertani hidroponik juga bisa dilakukan tanpa lahan yang luas. Sehingga, banyak yang tertarik untuk menanam tanaman secara hidroponik. Karena sistem hidroponik tersebut tidak lagi menanam menggunakan tanah, melainkan menggunakan alat dan bahan untuk hidroponik tersebut mungkin ada perbedaan dengan sistem penanaman pada umumnya, tapi prinsip penanamannya masih sama.

Jika masalah sistem penanaman, akan lebih mudah untuk dipraktekan karena pada dasarnya prinsip penanaman dengan sistem hidroponik tidak jauh berbeda. Nahh, masih kita masuk ke pembahasan. Cara mengatasi hama ulat, kebanyakan petani hidroponik mungkin jarang menemukan serangan hama ini. Karena kebanyakan petani hidroponik menggunakan greenhouse untuk mengurangi serangan hama khususnya hama ulat dan kutu. Bagi anda yang menanam secara out dor jangan khawatir untuk menanam dilahan terbuka, cara preventif ( pencegahan ) sangat mudah dilakukan dengan cara membersihkan gulma-gulma yang tumbuh disekitar lingkungan tempat budidaya, bisa menggunakan Yellow Trap, melakukan penyemprotan sterilisasi, bisa menggunakan Curakron atau Confidor, dan jika memang sudah terserang maka bisa pengendalian secara Kimawi dengan memotek atau memotong daun yang terluka dan jika ada ulatnya maka diambil dan di buang/matikan jika ulatnya tidak terlalu banyak, lalu pengendalian secara kultur teknis dengan menciptakan lingkungan yang tidak di suka hama ulat ini, dan mungkin terakhir jika serangan sudah terbilang serangan tingkat tinggi maka bisa pengendalian secara kimia dengan menyemprotan seperti Endure 120 EC, Namun bukan tidak mungkin hama akan menyerang tanaman yang kita budidayakan.
karena itu, sebagai petani harus memahami serangan hama dan jenis hama yang menyerang serta pengendalian untuk hama tersebut.

Ada berbagai macam jenis hama yang sering menyerang tanaman hidroponik. Adapun jenis hama yang biasanya bisa menyerang tanaman adalah ulat, belalang, kutu dll. Ulat sudah menjadi jenis hama yang paling sering menyerang apabila telah menemukan lingkungan yang cocok dengan hama ulat ini. Maka dari itu ketika hama ulat jika menemukan lingkungan yang cocok, hama ini akan memakan daun” dari sayuran yang dibudidayakan. Sehingga apabila tidak diatasi maka akan terjadi panen sayuran hidroponik yang tidak optimal dengan tidak sesuai dengan keinginan.

 
Chat via Whatsapp

 
Chat via Whatsapp