• Status Order
  • Tlp: 08111130243
  • SMS/WA: 08111130243
  • info@superproduk.com
Terpopuler:

Alat dan Bahan untuk Budidaya Hidroponik

01 July 2021 - Kategori Blog

Menanam dengan sistem hidroponik dapat dilakukan oleh siapa saja bahkan bagi yang masih belajar. Karena menanam dengan sistem hidroponik tidaklah sesulit kelihatannya sebetulnya sangat mudah untuk di praktekan. Bagi yang masih belajar banyak jenis sayuran yang mudah ditanam dan mudah untuk dipelajari.

Menanam menggunakan sistem hidroponik tentu saja harus memahami dan mengenal tentang bagaimana menanam tanaman hidroponik dengan benar, mulai dari Persemaian, Pemberian Nutrisi, Perawatan, sampai pengendalian Hama dan penyakit. Karena dengan memahami cara Budidaya tanaman dengan menggunakan sistem Hidroponik akan mempermudah proses pembelajaran sehingga wajar apabila seseorang yang suka dengan hidroponik harus belajar dari awal terlebih dahulu. Namun, sistem bertanam hidroponik ini tidaklah sulit untuk dipahami karena pada dasarnya sistem penanaman hidroponik sama dengan Konvensional pada umumnya cuma ada beberapa perbedaan dari mulai media tanam, cara menyiram, pemeliharaan, sampai pengendalian hama dan penyakit.

Berikut beberapa alat dan bahan yang perlukan apabila menanam dengan sistem hidroponik, antara lain :

1. Rockwool

Rockwool adalah media tanam yang sering digunakan untuk menanam dengan menggunakan Sistem Hidroponik. Media tanam Rockwool ini memiliki kelebihan terutama dalam menyerap air dan udara yang disimpan didalam media tanam ini, selain itu Rockwool merupakan sekumpulan serat yang berbentuk seperti busa yangvterbuat dari lelehan batu basalt dan media ini ramah lingkungan. Oleh karena itu, rockwool adalah salah satu komponen penting dalam bertanam hidroponik.

Netpot

Netpot merupakan wadah dari media tanam seperti Rockwool, yang berbentuk seperti pot kecil dan memiliki lubang dibagian bawah berfungsi untuk merambatnya akar sayuran.
Dikarenakan ketika budidaya dengan memanfaatkan sistem penanaman hidroponik yang dialiri air, dengan memanfaatkan netpot ini bisa menahan Rockwool terbawa arus air sehingga Rockwool tidak berpindah-pindah.

Nutrisi

Faktor paling penting dalam Budidaya Hidroponik ini adalah Nutrisi. Jika tanpa Nutrisi tanaman tidak akan berkembang karena tanaman membutuhkan pasokan Nutrisi untuk tumbuh. Sebagai Nutrisi bagi tanaman, Nutrisi ini memiliki kandungan unsur Makro dan Mikro yang dibutuhkan tanaman dalam pertumbuhannya. Nutrisi hidroponik berbentuk seperti butiran kristal kecil kemudian dilarutkan dalam air dan disuplai langsung ke sistem perakaran dengan bantuan sistem hidroponik sesuai kebutuhan.

Benih sayuran

Benih adalah bahan tanam yang berupa biji yang telah mengalami perlakuan khusus sehingga muncul kehidupan tanaman baru. Benih juga merupakan Faktor penting dalam Budidaya dengan memiliki benih yang berkualitas mutu terjaga kemungkinan besar tanaman yang dibudidayakan akan menghasilkan sesuai dengan keinginan.

Sistem Hidroponik

Tentu saja memilih sistem yang cocok bagi anda yang sedang belajar atau skala produksi menjadi point terpenting juga. Karena dengan memilih sistem yang dikuasai menjadi kunci keberhasilan dalam Budidaya dengan memanfaatkan sistem Hidroponik ini. Sistem Hidroponik tentu saja banyak dan berbagai jenis, Mulai dari yang kita kenal sistem DFT, sistem NFT, Sistem Rakit Apung, pasang surut, sistem wick, Irigasi tetes, sampai ke Dutch Backet. Nahhh, jika anda sedang belajar menanam sayuran Hidroponik rekomendasi sistem yang mudah di gunakan adalah sistem wick. sistem wick ini memanfaatkan sumsu/kain planel sebagai penghubung atau penyerap larutan nutrisi yang berada di baki yang ditujukan ke media tanam yang berada di netpot.

 
Chat via Whatsapp

 
Chat via Whatsapp